Program Studi Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) bertempat di ruang rapat Gedung Fakultas Sains dan Teknologi Lantai 3 Kampus II telah menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Penyusunan Kurikulum dan RPS Berbasis KKNI. Semiloka ini dihadiri oleh dosen Teknik Mesin, staf, alumni (Frederiko S. Candra, ST.) : , mahasiswa (A. Jakfar dan Aan Setiawan), Tim Ahli Pengguna (Bapak Lukman Widarmanto : Direktur PT. Panasonic Lightning Indonesia) dan Tenaga Ahli, Dr. Slamet Wahjudi, ST.MT. (Asesor Akreditasi dari Universitas Brawijaya).

Semiloka dibuka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Hindarto, S.Kom., MT., dalam sambutannya beliau menuturkan bahwa Semiloka ini merupakan agenda yang sangat penting untuk memperbarui kurikulum Prodi dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0.

Kaprodi Teknik Mesin Edi Widodo ST., MT. menyatakan bahwa semiloka kurikulum ini bertujuan untuk memberikan masukan bagi Prodi tentang Mata Kuliah terkini yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Tenaga Ahli, Bapak Slamet memaparkan tentang kurikulum Teknik Mesin yang relevan dengan perkembangan jaman dan masukan untuk jumlah sks dan mata kuliah yang disarankan bagi Prodi Teknik Mesin UMSIDA.

Tim Ahli Pengguna Bapak Lukman memberikan masukan tentang profil lulusan yang sangat dibutuhkan dunia industri pada saat ini. Beliau juga menambahkan bahwa motivasi dalam etos kerja yang ditunjukkan pelamar pekerjaan merupakan poin penting dalam penerimaan pegawai.

Bapak Frederiko selaku alumni yang juga seorang praktisi industi memaparkan bagaimana sikap yang harus dibangun pada bangku kuliah supaya lulusan dapat eksis di dunia usaha dan industri. Sikap tahan tempa, menempatkan pekerjaan pada waktunya, aktif, kreatif dan inovatif merupakan modal utama menjadi enterpreneur maupun pegawai.

Selanjutnya hasil dan masukan yang diperoleh dari kegiatan kurikulum ini menjadi bahan evaluasi oleh Prodi Teknik Mesin baik dalam bentuk kegiatan akademik dan revisi kurikulum.(why)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *