Zyahdo Nikri Jofalo, mahasiswa Teknik Mesin semester 4 Fakultas Sains dan Teknologi berhasil meraih prestasi runner up tingkat Nasional pada event Scouting Skills Competition yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Acara tersebut diselenggarakan pada 29-31 Juli 2019 dan diikuti 30 orang lebih peserta dari Hizbul Wathan se-Indonesia yang mempresentasikan gagasan artikel ilmiah mereka.

Zyahdo menceritakan ide artikel “Teh Daun Kemangi untuk Mengurangi Kolestrol” muncul ketika bersantap makan bersama teman-teman seorganisasi Hizbul Wathan sambil meminum teh hangat. Sehingga atas dukungan positif dari Hizbul Wathan UMSIDA dia percaya diri maju sebagai peserta Scouting Skills.

Lantas bagaimana caranya supaya teh olahan daun kemangi menjadi obat kolesterol? Prosesnya hampir sama dengan pembuatan teh biasanya, tapi ini bahannya dari daun kemangi dengan sedikit rasa teh. Daun kemangi dipetik, dipilih, dijemur, dirajam, di-oven dan difermentasi. Lalu diseduh sesuai takaran. Zyahdo menjelaskan tingkat kesulitan artikel ilmiah ini terletak pada proses pembuatan bahan yang disesuaikan dengan komposisi penelitian dan mencari sumber-sumber yang valid.

Ketika ditanya bagaimana rasanya saat presentasi? Dia menjawab ketika lomba tentunya sangat ‘grogi’ karena pesertanya dari Hizbul Wathan se-Indonesia. Persiapan materi yang kurang matang  tapi harus di maksimalkan sebisa mungkin, “Semua peserta memiliki karakteristikannya masing-masing” Timpalnya. Dia juga menambahkan tips supaya penjelasannya mudah diterima tim penilai dan seluruh peserta kompetisi, “Menjelaskan cara membuat teh daun kemangi yang simple dengan komposisi yang seimbang, serta menjelaskan efek mengkonsumsi teh daun kemangi terhadap kandungan kolestrol dalam tubuh.”

Zyahdo Saat mempresentasikan artikelnya

Meskipun tidak menjadi juara pertama, dia merasa bersyukur atas capaiannya ”Bahagia sekali dan selalu bersyukur atas apapun yang Allah berikan, Allah berjanji bahwa hasil tidak akan menghianati usaha setiap manusia. Kalimat terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak yang mendukung selama proses pembuatan sampai selesai.” Pungkasnya.(why)

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *