ZwickRoell merupakan perusahaan penyedia mesin pengujian material  asal Jerman menyelenggarakan pertemuan  ZwickRoell International Dynamic Forum pada Senin, 29 Juli 2019 di Golden Tulip Legacy Surabaya JL. HR. Muhammad 269. Adapun tema yang dibahas adalah Dynamic testing machine (fatigue test machine) that accurate, repeatable, reproducible and traceable.

Forum ini diikuti lebih dari 25 peserta yang berasal dari kalangan  Akademisi/Institusi, Praktisi dan Pemerintah. Berikut daftarnya:

Institusi:

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Teknik Material dan Metalurgi ITS

Universitas Kristen Petra Surabaya

Universitas Surabaya

Politeknik Negeri Madiun

Politeknik Negeri Banyuwangi

Pemerintah:

PT INKA Madiun (Persero) (Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) Bandung (Kementerian Perindustrian)

Praktisi/Swasta:

PT NRZ Prima Gasket Surabaya

PT Tesla Mega Perkasa Mandiri Semarang

PT BJG Bogor

PT Pekerti Riken Indonesia

Sesuai dengan tema pada pertemuan ini dijelaskan material sama halnya seperti makhluk hidup yaitu manusia, binatang dan tumbuhan, maka bahan/material benda mati yaitu logam dan non logam (keramik, polimer, komposit) juga memiliki life time yang terbatas pula. Waktu untuk mengetahui life time material dilakukan dengan uji kelelahan (fatigue test) dengan menggunakan mesin fatigue test yang dijelaskan dan di bahas dalam ZwickRoell International Dynamic Forum oleh Mr. Philipp Mayer (ZwickRoell Germany) dan Mr. Joe Hee (ZwickRoell Asia Pasific).

Mr. Joe Hee sebagai key note speaker

Suatu kehormatan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo diwakili oleh Dr. Prantasi Harmi Tjahjanti, S.Si., MT., sebagai tamu undangan pada acara tersebut. Beliau menjelaskan  forum ini memberikan masukan bahwa pentingnya peralatan pengujian yang wajib dimiliki oleh institusi, praktisi maupun pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan pengujian-pengujian dalam bidang teknik. Terkhusus pada mesin fatigue test selain melihat life time material dari kekuatan fatigue-nya, juga dapat mengetahui mekanika patahan (fracture mechanic) pada material tersebut. Beban pengujian maksimum sampai 5 Mega Newton dan frekuensi yang digunakan maksimum hingga 285 Hz.

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *