Setelah mempelajari mata kuliah secara teoritis di bangku kelas, mahasiswa dapat mempraktikkan ilmu fenomena dasar mesin dengan adanya Laboratorium Fenomena Dasar Mesin (Lab. FDM). Lab. FDM difungsikan sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengerjakan praktikum FDM. Dimana Fenomena Dasar Mesin ini dipergunakan untuk membuktikan fenomena-fenomena dalam ilmu dasar teknik mesin pada Teori Bernoulli, defleksi logam akibat pembebanan dan perpindahan energi kalor. Dimana inventaris yang dimiliki prodi mesin Umsida pada Lab. Fenomena Dasar Mesin antara lain:

Alat Uji Lendutan

Yaitu alat yang dipergunakan untuk mengukur adanya defleksi. Defleksi merupakan perubahan bentuk pada balok atau batang yang ditinjau dari satu dimensi akibat adanya pembebanan yang diberikan pada balok atau batang, yang biasanya dialami oleh benda yang mempunyai panjang.

Alat Uji Teori Bernoulli

Yaitu alat yang digunakan untuk mengukur fluida dalam hal tekanan statis, tekanan dinamis, perubahan tekanan dan kecepatan fluida.

Alat Uji Konduktivitas Panas

Alat yang digunakan untuk mengukur perpindahan kalor dalam hal laju perpindahan panas konduksi, hambatan thermal, Azas Black dan kondisi stedi.

Maka dengan diadakannya praktikum tentang Fenomena Dasar Mesin, mahasiswa diharapkan lebih paham dengan teori yang diajarkan di bangku kelas dengan aplikasinya pada kehidupan sehari-hari.

Alat Uji Lendutan Logam
Alat Uji Konduktivitas Panas Logam
Alat Uji Teori Bernoulli