Fisika dasar merupakan  ilmu yang mempelajari benda-benda serta fenomena dan keadaan yang terkait dengan benda-benda tersebut. Di Lab. Teknik Mesin Umsida juga disediakan sarana belajar mengenai fisika dasar ini. Pada Lab. Fisika Dasar kegiatan praktikum yang diajarkan antara lain:

1. Pengukuran Ketidakpastian

Praktik tentang pengukuran ketidakpastian ini meliputi pengukuran benda kerja yang telah disediakan menggunakan alat ukur seperti sketchmath, mikrometer skrup, multitester, penggaris, stopwatch dan sejenisnya. Dengan melaksanakan praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat menggunakan alat ukur dengan benar sesuai dengan SOP dan mengetahui kesalahan-kesalahan dalam pengukuran yang mengakibatkan adanya ketidakpastian pengukuran.

2. Pengujian Teori GLB dan GLBB

Praktik mengenai Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan dilaksanakan supaya mahasiswa dapat memahami pengukuran waktu jatuh benda, serta hubungan antara ketinggian dan waktu tempuh, Hukum Newton serta kecepatan gravitasi benda. Alat yang digunakan bernama Pesawat Atwood.

3. Pengujian Hukum Stokes (Viskositas Fluida)

Pengujian mengenai viskositas benda dapat diukur dengan cara memasukkan benda kerja ke dalam gelas ukur yang sebelumnya sudah diisi dengan fluida, fluida yang digunakan bisa berupa oli, minyak goreng, air mineral atau sabun cair. Hal yang dihitung adalah Hukum Stokes yang didefinisikan sebagai gaya gesek antara permukaan benda padat yang bergerak dalam fluida akan sebanding dengan kecepatan relatif gerak benda tersebut terhadap fluidanya.

Inventaris yang dimiliki prodi mesin Umsida pada Lab. Fisika Dasar antara lain:

  • Alat Ukur Vernier Caliper
  • Alat Praktik Viskositas Fluida
  • Multitester
  • Mikrometer
  • Alat Praktik Teori GLB dan GLBB