Sebelum menginjak kepada Desain CAD/CAM mahasiswa prodi mesin perlu memahami Gambar Teknik mulai dari dasar, oleh karena itu mata kuliah tentang menggambar manual masih diperlukan bahkan di Universitas terkemuka sekalipun. Gambar sebagai bahasa teknik, ketika menggunakan peralatan manual yang ditekankan adalah pada kemampuan untuk membaca gambar dan menggambar sesuai dengan standar yang berlaku di dunia keteknikan seperti menggambar ISO, sehingga dengan bekal belajar menggambar manual mahasiswa diharapkan berkompeten untuk meneruskan ke jenjang computerize seperti CAD/CAM.

Dengan latar belakang di atas maka Lab. Mesin Umsida menyediakan sarana bagi mahasiswa untuk belajar menggambar manual di Lab. Gambar Teknik. Inventaris yang dimiliki prodi mesin Umsida pada Lab. Gambar Teknik antara lain:

  • Meja Gambar untuk ukuran  kertas gambar A3
  • Penggaris Segitiga
  • Penggaris Jangka

Pada Lab. Gambar Teknik difungsikan sebagai sarana untuk mata kuliah gambar teknik dan praktikum gambar teknik. Dengan segala peralatan yang telah disediakan diharapkan mahasiswa tidak jenuh dan bertambah semangat untuk mengasah ilmu menggambar manual.

Pelaksanaan Praktikum Gambar Teknik
Mahasiswa serius mengerjakan tugas praktikumnya