Prestasi mesin didefinisikan dengan batas kemampuan/ kemampuan maksimal yang dapat dikerjakan oleh suatu mesin selama suatu periode kerja. Prestasi mesin ini erat kaitannya dengan peralatan yang sering kita jumpai sehari-hari seperti Mesin sepeda motor dan Mesin pendingin ruangan atau AC. Berikut inventaris yang dimiliki prodi mesin Umsida pada Lab. Prestasi Mesin antara lain:

Mesin Pendingin Ruangan

Yaitu suatu rangkaian alat yang mampu bekerja untuk menghasilkan suhu temperatur dingin. Di Lab Mesin, mesin pendingin yang digunakan berupa  rangkaian Air Conditioner (AC). Rangkain yang ada pada mesin ini antara lain kompresor, kondensor orifice tube, evaporator, katup ekspansi dan evaporator. Dengan mempelajari mesin pengingin ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui cara kerja mesin AC yang umum digunakan di masyarakat dan mampu memperbaiki AC apabila ada kerusakan ringan.

Mesin Motor Bakar

Motor  bakar  adalah  mesin  kalor  atau  mesin  konversi  energi  yang mengubah energi kimia menjadi energi mekanik berupa kerja (rotasi). Di Lab. Prestasi mesin, mesin yang berasal dari rangkaian sepeda motor Honda 125 ini dapat digunakan untuk mengukur prestasi mesin dalam hal torsi mesin, daya mekanis, Specific fuel consumption (SFC), efisiensi mekanis, gas buang dan lain-lain.

Mesin motor bakar ini dilengkapi dengan gelas ukur untuk mengetahui konsumsi bahan bakar yang digunakan dalam posisi gas konstan, baik menggunakan pembebanan maupun tidak. Pembebanan mesin diperoleh dari pengereman pada perputaran gear bagian belakang mesin motor.

Mesin Motor Bakar yang dirangkai dari mesin Honda Supra 125
Alat Praktikum Mesin Pendingin (AC)