STANDAR 5 KURIKULUM, PEMBELAJARAN DAN SUASANA AKADEMIK

5.1 Kurikulum

5.1.1 Kompetensi

5.1.1.1 Uraikan secara ringkas kompetensi utama lulusan

5.1.1.2 Uraikan secara ringkas kompetensi pendukung lulusan

5.1.1.3 Uraikan secara ringkas kompetensi lainnya

5.1.2 Struktur Kurikulum

5.1.2.1 Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) : 147 sks yang tersusun 

5.1.2.2 Tuliskan struktur kurikulum berdasarkan urutan mata kuliah (MK) semester demi semester, dengan mengikuti format tabel

5.1.3 Tuliskan mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dalam tiga tahun terakhir 

5.1.4 Tuliskan substansi praktikum/praktek yang mandiri ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu

5.2 Peninjauan Kurikulum dalam 5 Tahun Terakhir

5.3 Pelaksanaan Proses Pembelajaran

5.3.1 Mekanisme Penyusunan Materi Kuliah dan Monitoring Perkuliahan 

5.3.2 Lampirkan contoh soal ujian dalam 1 tahun terakhir untuk 5 mata kuliah keahlian berikut silabusnya

5.4 Sistem Pembimbingan Akademik

5.4.1 Tuliskan nama dosen pembimbing akademik dan jumlah mahasiswa yang dibimbingnya dengan mengikuti format tabel

5.4.2 Jelaskan proses pembimbingan akademik yang diterapkan pada Program Studi

5.5 Pembimbingan Tugas Akhir / Skripsi

5.5.1 Jelaskan pelaksanaan pembimbingan Tugas Akhir atau Skripsi yang diterapkan pada PS

5.5.2 Rata-rata lama penyelesaian tugas akhir/skripsi pada tiga tahun terakhir : 7 bulan. (Menurut kurikulum tugas akhir direncanakan 2 semester)

5.6 Upaya Perbaikan Pembelajaran

5.7 Upaya Peningkatan Suasana Akademik

5.7.1 Kebijakan tentang suasana akademik (otonomi keilmuan, kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik)

5.7.2 Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika

5.7.3 Program dan kegiatan di dalam dan di luar proses pembelajaran, yang dilaksanakan baik di dalam maupun di luar kelas, untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif (misalnya seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dan temu dosen-mahasiswa-alumni)

5.7.4 Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa, antar mahasiswa, serta antar dosen 

5.7.5 Pengembangan perilaku kecendekiawanan