Laboratorium Desain

 

Laboratorium Desain Prodi Teknik Mesin Umsida memiliki fasilitas berupa personal komputer 30 set dengan spesifikasi Core i-7 yang mumpuni untuk program CAD/CAM. Selain itu Lab. Desain juga dilengkapi dengan fasilitas WI-FI yang sangat berguna untuk menunjang pembelajaran di kelas.

Lab. Desain Prodi mesin difungsikan sebagai sarana pembelajaran mata kuliah CAD/CAM, Pemrogaman CNC,  Praktikum CNC, Algoritma dan Pemrogaman serta Statistik. Selain itu Lab. Mesin juga digunakan sebagai sarana untuk membantu mahasiswa  yang sedang mengerjakan Tugas Akhir.

Pada Lab. Desain prodi mesin Umsida, keahlian khusus yang didalami adalah software :

– SolidWorks 2016

– SolidCAM 2019

– AutoCAD 2017

– MatLab

– Inventor 2017

Selain sebagai sarana perkuliahan, Lab. Desain juga dimanfaatkan untuk kegiatan pelatihan dan workshop keahlian CAD (Computer Aided Design) yang rutin diadakan pada setiap semester. Pelatihan CAD mendatangkan narasumber yang profesional, berpengalaman dengan lisensi BNSP, sehingga diharapkan mahasiswa dapat mempelajari CAD/CAM yang relevan dengan dunia kerja saat ini yang semakin maju. Dengan adanya Lab. Desain diharapkan semakin menarik minat mahasiswa untuk menekuni bidang CAD/CAM, karena tidak jarang lulusan Prodi Mesin Umsida menghasilkan lulusan yang berkompeten untuk profesi drafter baik dalam tingkat nasional maupun internasional.