Menghasilkan kurikulum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran program studi teknik mesin bermutu dalam rekayasa energi dan perancangan manufaktur tingkat nasional tahun 2020
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bermutu untuk ikut serta memajukan perkembangan teknologi
Membekali mahasiswa dengan kurikulum yang up to date, sesuai dengan kebutuhan pasar
Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam keilmuan dasar-dasar teknik mesin khususnya dalam bidang rekayasa energi dan perancangan manufaktur
Program studi menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan berdasar kurikulum yang menjadi rujukan dalam penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran
Kurikulum disusun dengan berbasis kompetensi untuk memberikan pengalaman belajar, menggali serta menumbuhkembangkan bakat dan minat mahasiswa sesuai dengan tujuan, visi, misi program studi
Kurikulum terdiri atas rangkaian rancangan belajar yang dijabarkan menjadi sejumlah mata ajaran dan tugas-tugas terstruktur, terdiri atas mata kuliah, praktikum, kerja praktek/magang dan tugas terstruktur lainnya.
Institusi memiliki pedoman dan prosedur penyusunan kurikulum program studi pada semua jalur jenjang pendidikan yang diselenggarakan
Kurikulum program studi memenuhi kriteria:
Kesesuaian dengan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi
Relevansi dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan pembangunan
Derajat integrasi
Kompetensi inti
Muatan kurikulum lokal
Ketersediaan mata kuliah pilihan
Persyaratan penyusunan tugas akhir
Peluang bagi mahasiswa untuk pengembangan pribadi
Institusi memiliki pedoman pelaksanaan isi kurikulum yang memuat aspek :
Pendekatan pembelajaran
Desain pembelajaran
Relevansi isi
Media pembelajaran
Evaluasi proses dan hasil pembelajaran
Program studi mengevaluasi isi kurikulum secara periodic dan berkesinambungan
Institusi harus memiliki pedoman dan prosedur untuk memperoleh umpan balik pelaksanaan kurikulum dari stake holder
Umpan balik dari stake holder dilakukan secara periodik dan berkesinambungan dan hasilnya ditindaklanjuti sebagai bahan evaluasi dan perbaikan isi kurikulum